SELAMAT DATANG


http://shita-kesmasblog.blogspot.com
Blog yang berisi tentang info-info kesehatan

Sabtu, 11 September 2010

Mitos Tentang Kondisi Kesehatan

Beberapa mitos seputar kebiasaan hidup ada disini.Sedikit sulit untuk membedakan itu fakta atau mitos belaka. Nah, inilah beberapa mitos tentang kebiasaan hidup masyarakat yang kerap menyesatkan:

Terlalu Banyak Menonton Televisi dapat Merusak Mata: SALAH!
Menonton televisi tidak merusak mata (tidak peduli seberapa jauh jarak dari televisi), walaupun terlalu banyak menonton televisi dapat memberi pengaruh buruk pada anak-anak (secara psikologis). Penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang menonton televisi lebih dari 10 jam seminggu cenderung kelebihan berat badan (mungkin karena kurang gerak), agresif, dan lambat mengikuti pelajaran di sekolah.

Membaca di Tempat Redup dapat Merusak Penglihatan Mata: SALAH!
Penelitian tidak menemukan bukti bahwa membaca di tempat redup menyebabkan kerusakan mata permanen. Ia dapat menyebabkan tegangan mata dan sementara mengurangi ketajaman penglihatan ,yang segera akan pulih.

Mengisap Jempol dapat Menyebabkan Gigi Maju (tonggos): SALAH dan BENAR
Mengisap jempol sering dimulai sebelum lahir dan umumnya tetap berlangsung sampai usia 5 tahun. Mengisap jempol tidaklah berbahaya bila anak-anak berhenti melakukannya pada usia 4 sampai 5 tahun. Namun, tetap disarankan agar orang tua tidak membiarkan anak-anak mengisap jempolnya sesudah usia mereka mencapai 4 tahun, karena pada saat ini, gusi, rahang, dan gigi tetap mulai tumbuh. Itulah sebabnya, di atas usia 4 tahun, ada kemungkinan mengisap jempol akan merupakan penyebab gigi maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar