SELAMAT DATANG


http://shita-kesmasblog.blogspot.com
Blog yang berisi tentang info-info kesehatan

Sabtu, 11 September 2010

Mitos Tentang Makanan

         Beberapa mitos tentang makanan ada di sini, sedikit sulit untuk membedakan itu fakta atau mitos belaka. Nah, inilah beberapa mitos tentang gizi dan makanan yang kerap menyesatkan:

Wortel Tingkatkan Penglihatan: SALAH!


Wortel memang sumber terbaik dari vitamin A yang penting untuk kesehatan penglihatan, mencerahkan kulit, dan mencegah infeksi. Namun, jika penglihatan memang sudah memburuk, makan wortel sebanyak mungkin tidak akan membuatnya membaik.
Orang yang kekurangan vitamin A mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk rabun senja. Sehingga dengan makan wortel, sama halnya dengan telur, susu, dan hati, hanya menjadi jalan untuk mencegah vitamin A berkurang dan tetap mempertahankan daya lihat yang Anda miliki.


Permen Karet Butuh Waktu 7 tahun Lewati Sistem Pencernaan: SALAH!
 Mitos ini merebak saat musim sekolah tiba, tapi sama sekali tidak ada fakta yang membuktikan. Jika kita tidak sengaja menelan permen karet, memang tidak akan segera tercerna. Namun, permen karet seperti serat, membutuhkan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk mencernanya tapi tidak akan sampai tujuh tahun.

Susu Hangat Buat Ngantuk: BENAR!


Susu hangat dapat membantu Anda mudah ngantuk karena mengandung asam amino tryptophan yang membuat tubuh gampang tertidur. Semua makanan berbahan dasar susu (termasuk ayam kalkun) merupakan sumber tryptophan yang baik.

Kopi Dapat Percepat Pertumbuhan Badan: SALAH!

Tidak ada bukti yang menyebutkan kopi dapat mempercepat pertumbuhan badan pada anak kecil. Tapi, kafein yang terkandung di dalamnya justru tidak baik untuk kesehatan si anak. Kafein akan membuat sulit tidur, menyebabkan dehidrasi, dan membuat si kecil lebih hiperaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar