SELAMAT DATANG


http://shita-kesmasblog.blogspot.com
Blog yang berisi tentang info-info kesehatan

Rabu, 24 November 2010

Mencegah Kegemukan pada Anak

       Menurut WHO, salah satu masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat abad 21 adalah kegemukan pada anak. Mereka telah memperkirakan bahwa jumlah anak yang mengalami kelebihan berat badan akan menjadi lebih dari 42 juta pada akhir tahun 2010, dimana sekitar 35 juta hidup di negara-negara berkembang.
        Obesitas bisa meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung, hipertensi, kolesterol, asma, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Obesitas pada anak paling sering dimulai pada saat anak berumur antara 5 sampai 6 tahun dan meningkat pada saat beranjak dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami kegemukan dan berusia antara 10 sampai 13 tahun, akan memiliki peluang 80% menjadi orang dewasa gemuk. Hasil penelitian juga menunjukkan terjadinya kegemukan pada anak disebabkan oleh asupan makanan yang berlebih (junk food), gaya hidup yang tidak sehat dan berkurangnya aktifitas fisik pada anak.

Sebagai orang tua tentunya tidak ingin si buah hati mengalami masalah terutama dengan kesehatannya akibat kegemukan. Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi kegemukan pada anak.

  -Jangan biasakan anak-anak makan makanan cepat saji (fast food)
 -Pilihah air putih sebagai minuman favorit anak-anak, jangan minuman yang manis-manis atau bersoda.
 -Berikan sayur-sayuran dan buah-buahan pada buah hati anda.
 -Batasi aktifitas anak di depan televisi atau komputer maksimal 1 jam per hari.
 -Sediakan waktu untuk aktifitas fisik bersama anak (berjalan-jalan atau bermain bola) minimal 3 kali seminggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar